Masalah Kehadiran di Sekolah Itu Rumit

Selama beberapa tahun terakhir, pandemi mendorong penutupan sekolah dan pembelajaran jarak jauh yang menarik perhatian internasional terhadap masalah siswa yang bolos sekolah yang oleh para peneliti disebut sebagai “ketidakhadiran”.

Jutaan siswa di seluruh dunia tidak masuk sekolah dalam jumlah yang berbeda-beda menimbulkan kekhawatiran tentang kehilangan pembelajaran dan kesehatan mental siswa dan juga tentang implikasi jangka panjang, terutama bagi mereka yang sudah berisiko mendapatkan hasil pendidikan yang buruk.

Tetapi ketidakhadiran di sekolah bukanlah masalah baru. Istilah seperti "epidemi" telah digunakan dalam kaitannya dengan masalah kehadiran di sekolah di banyak negara seperti Kanada, Amerika Serikat, dan Australia sejak lama. Selalu ada siswa yang bolos sekolah.

Masalah kehadiran di sekolah sangat kompleks dan seringkali sangat menantang untuk diatasi. Dan agar respons menjadi efektif dalam mendorong siswa ke sekolah lebih sering, mereka perlu merefleksikan hal ini .

Bukan gambar Hollywood

Budaya populer dipenuhi dengan contoh remaja yang membolos dan dalam film seperti Ferris Bueller's Day Off , ini dibingkai oleh humor dan rasa kebebasan yang ceria. Tapi Ferris Bueller kembali ke sekolah keesokan harinya tanpa pengaruh besar dalam hidupnya. Ini tidak terjadi pada banyak orang.

Bukti menunjukkan hasil yang lebih buruk bagi siswa yang kehilangan banyak sekolah, termasuk prestasi akademik yang lebih rendah, tingkat kelulusan yang lebih rendah, tingkat interaksi yang lebih tinggi dengan sistem peradilan anak, masalah kesehatan mental dan fisik, serta pekerjaan yang lebih rendah.

Dan keadaan hidup tertentu, seperti kemiskinan, meningkatkan risiko masalah kehadiran sekolah yang kronis.

Masalah kehadiran sekolah kronis biasanya didefinisikan sebagai kehilangan lebih dari 10 persen hari sekolah.

Kehadiran sekolah di negara-negara seperti Kanada dan Australia adalah wajib hingga usia antara 16 dan 18 tahun, tergantung pada provinsi atau wilayahnya.

Ada sanksi hukum bagi keluarga yang anak-anaknya tidak masuk sekolah secara kronis serta bagi siswa itu sendiri, dan kemungkinan keterlibatan layanan perlindungan anak.

Banyak alasan siswa tidak hadir, terlepas

Ada banyak alasan mengapa siswa bolos sekolah.

Beberapa karena mereka terlepas, yang lain karena kecemasan yang signifikan atau masalah kesehatan mental dan kesejahteraan.

Beberapa absen karena sering mengalami pelecehan, perundungan dan rasisme .

Yang lain bolos sekolah karena mereka memiliki tanggung jawab keluarga seperti adik-adik, atau karena kebutuhan yang berhubungan dengan disabilitas yang sulit dibiayai oleh sekolah . Siswa mungkin mengalami berbagai jenis masalah kehadiran di sekolah, dan ini dapat bervariasi dari waktu ke waktu.

Menghukum masalah kehadiran  gagal mengatasi masalah yang dihadapi siswa, mulai dari tanggung jawab keluarga hingga hambatan terkait rasisme atau dukungan yang tidak memadai untuk disabilitas.

Dibutuhkan pendekatan yang kompleks dan fleksibel

Ada lebih banyak bukti dalam beberapa tahun terakhir tentang pengakuan pendekatan yang kompleks, berlapis-lapis, dan fleksibel yang diperlukan untuk meningkatkan kehadiran di sekolah. Ada juga upaya untuk menganggap kehadiran di sekolah lebih dari sekadar "hadir" atau "tidak hadir". Apakah siswa berpartisipasi? Apakah mereka termasuk? Apakah mereka bertunangan? Apakah mereka belajar?

Banyak prakarsa yang masih didasarkan pada gagasan sederhana tentang kehadiran di sekolah dan pendekatan hukuman yang sebenarnya tidak berjalan dengan baik dalam jangka panjang.

Ini gagal untuk mengatasi masalah yang dialami oleh siswa yang menciptakan masalah kehadiran di tempat pertama. Dan pendekatan ini seringkali lebih menghukum siswa yang paling berisiko mengalami masalah kehadiran di sekolah.

Ada empat poin utama atau “ABCD” untuk dipertimbangkan oleh sekolah, keluarga, dan masyarakat:

1. Akademisi dan kesejahteraan

Dukungan kesejahteraan, termasuk layanan kesehatan mental dan kecanduan, program makan siang, klub berbasis identitas, dan peluang untuk bergerak dan aktivitas fisik semuanya penting dalam mempromosikan kehadiran di sekolah.

Tetapi jika seorang anak tidak bisa membaca, atau seorang remaja berjuang untuk mempelajari persamaan aljabar dan tertinggal dari teman sebayanya, inisiatif kesejahteraan tidak cukup. Pendekatan terpadu untuk mendukung keberhasilan akademik dan kesejahteraan bagi siswa sangat penting.

2. Membangun hubungan

Rasa memiliki dan keterhubungan sangat penting untuk keterlibatan, pembelajaran, dan kehadiran siswa. Siswa perlu merasa bahwa mereka penting bagi seseorang di sekolah seseorang yang memperhatikan ketika mereka tidak ada tetapi juga menyambut mereka ketika mereka ada.

Hubungan harus sengaja dipupuk antara dan di antara siswa, staf, keluarga dan masyarakat. Program bimbingan , teman sebaya, peluang kepemimpinan, proyek pengalaman komunitas atau kehadiran konselor adalah beberapa contoh cara untuk mendukung pembangunan hubungan.


http://www.karban.info/
http://www.karmelkorngatlinburg.com/
http://kasamilemaltese.com/
http://www.kdeasy.com/
http://www.kennedycharter.org/
http://www.khattameethathefilm.com/
http://www.kirwanesque.net/
http://www.kizenya.com/
http://klspllc.com/
http://www.kmiactuators.com/
http://www.knotayankee.com/
http://www.koblovska.biz/
http://www.kompetisigasing.com/
http://kor-pml.com/
http://www.korelibozcaada.com/
http://www.krainyc.com/
http://www.kristamaurer.com/
http://www.kunnawarra.com/
http://www.kyodonet.com/
http://www.lacucinadioliver.com/
http://www.ladagaderasputinlapelicula.com/
http://www.lafrancebis.com/
http://www.lakebraddockorchestra.com/
http://www.lamaresh.net/
http://www.lasviudasdeifni.com/
http://www.laurelcountylifecenter.org/
http://www.lauriegiesenphotography.com/
http://lavenderandlacelinens.com/
http://www.lecoin-cuisine.com/
https://lectrotek.com/
http://www.leinegarten.com/
http://www.leisuretimeholidays.com/
http://www.leoandjennyphotography.com/
http://www.lepromeneurduchampdemars.com/
http://www.lesairs-andalous.com/
http://www.lesanesagilles.com/
http://www.lescontesdelanuit-lefilm.com/
http://www.lespimous.com/
http://letfredin.com/
http://letsgimbal.com/
http://www.lgvb973.com/
http://www.liberogiornale.com/
http://www.liceoromagnosi.org/
https://www.lilandcloe.com/
http://www.lilandcloe.com/amp/
http://www.lilliantoojewellery.com/
http://lillieforsenate.com/
http://liveinberlin.co/
http://www.livevernal.com/
http://www.lmtees.com/
http://loldrugs.com/
http://www.lomabola.com/
http://www.loscaneiros.com/
http://www.losinrockuptibles.com/
http://www.lotto-adecco.com/
http://www.low-fat-diet-recipes.com/
http://www.lowryllp.com/
http://luckyleesnyc.com/
http://www.ludolteatre.org/
http://www.luggagearcade.com/
http://lukeroberts.us/
http://www.lunacbede.com/
http://lvacademytheatre.org/
http://www.lyricdude.com/
http://www.machonmeir.org/
http://www.magiccadiz.com/
http://www.marcogiolli.com/
http://marigoldsplace.com/
https://marushima-musen.com/
http://www.marushima-musen.com/
http://maryellenforcongress.com/
https://www.mcalumni.org/
http://mediaspajz.info/
http://www.medinazahara.net/
http://www.meltechconfex.com/
http://www.microtechnano.com/
http://www.midatlanticsoccer.org/
http://www.midicpu.com/
http://migratorynerd.com/
http://www.milanfestivalseries.com/
http://www.milgatos.com/
http://mills-mfg.com/
http://www.mills-mfg.com/
http://www.millsmadridxanadu.com/
http://www.minthillwc.com/
http://miyamotofumiaki.com/
http://www.miyazawa-kogyo.com/
http://www.mlm-sporthotel.com/
http://www.mn-blackdogdiving.com/
http://mochilacult.com/
http://www.morituris.com/
http://morrowpacific.com/
http://www.motecheck.net/
http://www.moto-store.net/
http://www.mountainviewwyoming.net/
http://www.movens.info/
http://www.mp-canadainvestigations.com/
http://www.mpaskina.com/
http://mpsgroupchamps.net/
http://www.mudadosk.org/

Komentar